Sabtu, 14 Februari 2015

"GELAR HAJI / HAJJAH" DI DEPAN NAMA SI FULAN

Bismillahhirrohmanirrohim..
**Jangan Hilangkan Pahala Hajimu Dgn ingin di beri/menambahkan nama Gelar HAJI /HAJJAH sebelum namamu..
(Contoh PAK HAJI / BU HAJJI / HAJI FULAN / FULAN HAJJI)
**Gelar Haji / hajjah konon di pakai hanya bangsa melayu tidak ada dalil yg mengharuskan jika setelah menunaikan ibadah haji harus di beri gelar haji/hajjah, bahkan sekian banyak sahabat rosulullah semuanya berhaji bahkan tidak ada satupun yang di panggil haji.
Bahkan dalam buku 9 wali yg ada di indonesia, Tertulis semua 9 wali sudah berhaji, termasuk kisah sunan kali jaga yg ada di buku: SULUK LING LUNG SYEH MELAYA.
  tapi tidak ada satupun SUNAN yg di panggil haji,=  HAJI SUNAN
/ SUNAN HAJI,-
====
 Mari kita mulai mmbahas dari orang yg MEMANGGIL haji/hajjah.
Saya pribadi mempunyai DUA Pendapat seseorang yg Memanggil HAJI / HAJJAH ke saudaranya yg baru pulang dari ibadah haji.
====
Pendapat Satu:
 Orang memanggil Haji ke saudaranya yg baru pulang dari haji dgn NAFSU jellek (contoh: PAK HAJI- PAK HAJI PAK HAJIIIII OOOO HAJI  di PANGGIL KOK GAK NENGOK.. dgn suara keras Dan sedikit mengejek di sertai dgn iri) panggilan sperti itu YG TIDAK DI PERBOLEHKAN.
====
Pendapat Dua:
  Orang Yang MEMANGGIL Haji ke saudaranya yg baru pulang dari ibadah haji,
DenGaN NIAT suapaya Dirinya kelak akan di PANGGIL ALLAH untuk menunaikan IBADAH HAJI, sperti orang yg ia panggil haji.
(Memanggil dgn niat sperti itu tidak ada yg menyalahkan, bahkan itu suatu DO'A Dan penghormatan buat orang yg baru pulang ibadah haji)
====
 Sekarang kita bahas orang yg DIPANGGIL Haji/Hajjah.
Saya Pribadi mempunyai DUA Pendapat seseorang yg DIPANGGIL haji / hajjah.
====
Pendapat Pertama:
 *Orang Yg SUKA, bahkan INGIN di panggil haji/hajjah itu pertanda hajinya sudah TERNODA, dan Untuk Menghilangkan NODA tersebut Bertaubat (jangan mengulagi niat-niat riya'/pamer haji nya) itu jalan terahir untuk menghilangkan NODA.-
*jika masih saja ingin di panggil haji/bahkan marah jika tidak di panggil haji maka PAHALA HAJINYA sudah di ambil di dunianya, dan di AHERATnya orang sperti itu sangat RUGI karna PAHALA hajinya sudah di habiskan di dunia. Subhanallah.
====
Pendapat Kedua:
 *Tidak Masalah Dan tidak apa-apa Orang DIPANGGIL haji.
alasan:
1) jellas dia sudah berhaji, (kalo ada orang belum haji minta di panggil haji itu yg TAKABBOR)
2) orang lain sendiri yg memanggilnya haji.(sedangkan orang yg sudah haji yg tau ilmu mereka TIDAK INGIN di panggil haji/hajjah)
====
JANGAN gara-gara lihat Filem TUKANG BUBUR NAIK HAJI di filem itu menceritakan orang sombong yg sudah ber haji 3X trus kalian membenci, menyesatkan,mengkafirkan, ORANG LAIN yg sudah haji dan di panggil haji.
====
**Orang yg sudah berhaji kalo tidak hati2 dlm niat,  bisa menimbulkan sifat RIYA'
 (merasa OKE jika di panggil haji)
dan jika sudah membahas tentang RIYA pembahasan kita akan semakin melebar..

**Sesungguhnya RIYA adalah SYIRIK yang kecil. HR Ahmad dan AL Hakim.
**Orang yang riya berciri tiga, yakni apabila di hadapan orang dia giat tapi bila sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan. Sedangkan orang munafik ada tiga tanda yakni apabila berbicara bohong, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. (HR. Ibnu Babawih).
  Ciri-ciri sifat riya sudah Jellas di terangkan:(apabila di hadapan orang dia giat tapi bila sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan.) dari hadis itu kita bisa menyimpulkan mana yg hajinya karna ALLAH SWT dan mana yg hajinya karna manusia.
 dan sesuatu yg karna manusia tidak mendapatkan pahala dari ALLAH SWT. dan itupun ALLAH sendiri yg MENGETAHUI.
**Perlu di ingat jgn berprasangka buruk dulu kpda orang yg sudah pergi haji dgn mengata-ngatain hajinya tidak sah, hajinya tidak mabrur, hajinya gak sempurna,hajinya hanya riya/pamer.
MARI kita lihat' dirikita sendiri dgn ilmu.. benarkah kita yg paling benar, benarkah kita yg paling mulia,benarkah kita yg paling mengerti, andaikan kita tau jawabannya mungkin akan malu jika kita ngata-ngatain orang yg sudah berhaji dgn kata-kata yg tidak-tidak**
====
Mohon Maaf jika tulisan saya kurang berkenang di hati pembaca.
Jika ada kesalahan itu semata-mata dari saya abdur_rohim
Jika ada benarnya Semua MUTLAQ milik ALLAH SWT.



Tinggalkan Komentar:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar