Rabu, 14 Januari 2015

HAJI 2014 HAJI AKBAR



BISMILLAHIRROHMANIRROHIM...
insha allah,.
Saya Akan Menulis Manasik Haji 2014,- Jika ada Kekeliruan, Kesalahan Dalam Penulisan Saya Abdur_rohim Mohon Bimbingan, Pembenaran Dan Mohon Maaf Sebanyak Banyaknya,- 
***
Ibnu Abbas r.a. berkata, "Penduduk Yaman pergi haji dan mereka tidak menyiapkan bekal apa pun untuk perjalanan mereka. Bahkan, mereka berkata, 'Kita semua bertawakal kepada Allah.' Apabila mereka telah tiba di Mekah, mereka meminta-minta kepada orang banyak. Kemudian Allah menurunkan ayat yang berbunyi, 'Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah TAKWA.'"
***
MAAF.. Saya Tidak Bermaksut untuk menggurui, ini hanya sekedar bagi ilmu,

 Sebab departemen agama tidak akan menerangkan manasik haji secara detail, 
insha ALLAH tulisan saya ini Bisa memperlengkap panduan ibadah haji buat pembaca)
***
(MANASIK HAJI)
Tgl: 2 oktober 2014 Hari Kamis, (8 dzul hijjah)kami bersiap-siap sperti Mandi keramas, menata hati, niat memakai baju ihram,berniat untuk haji (karna manasiq kami mengikuti haji tamattuk)
ini penting: (Harapan Saya Jika Pembaca ingin melakukan ibadah Haji, Lebih baiknya pembaca Melakukan Haji IFRAD, insha allah nanti kita bahas tentang Keutamaan-keutamaan ibadah haji)
***
Tgl 2 Oktober 2014 Hari kamis, (8 dzul hijjah) (WAKTU ARAB SAUDI) Siang hari, kami keluar dari hotel menuju Pemondokan di arafah untuk mengikuti Puncaknya Haji ke esokan harinya,-  Dan sebelum Magrib, Al-hamdulillah kami sudah nyampai di ARAFAH (tenda arafah),- 
*Tanmbih: Jika Pembaca nantinya di panggil untuk melakukan ibadah haji, TOLONG.. Perbanyaklah membaca AL-QUR'AN, jangan banyak bicara Apa Lagi bicara yg TIDAK ADA MANFAATnya, sambil menunggu puncak dari ibadah Haji tgl 9 dzul hijjah ke esokan harinya:
***
Tgl 3 Oktober 2014,(9 dzul hijjah)Waktu arab saudi, Hari Jum'at kliwon (waktu dzuhur) Puncak Haji.
Waktu Dzuhur,- Kita Sholat Berjama'ah DzUHUR Dan ASAR di Jama' qosor, Stelah sholat kita Mendengarkan Khotbah ARAFAH, 
Al-hamdulillah kloter 15 soc solo, khotibnya beliau DR H MASYHUDI (director utama RS sultan agung semarang)  cuma sayang PENGERAS SUARA kloter 15 kami, sangat kurang bagus jadi suara beliau Kurang dapat kami dengar di tenda panling belakang dgn terhalang sebuah jalan,-.. Dan kami ahirnya  mendengarkan KHOTBAH ARAFAH Rombongan JAKARTA (lupa kloter berapa)  PENGERAS SUARANYA keras sekali hingga Rombongan kami yg di tenda belakang semua mendengarkan khotbahnya rombongan jakarta,-
***
pesan saya: jika pembaca nantinya di panggil ALLAH SWT untuk menunaikan ibadah haji, tolong persiapkan pengeras suara, cari yg kecil tapi suaranya yg keras, gunanya untuk di waktu khotbah arafah,-  dan pengeras suara itu juga terpakai untuk memandu di waktu kita mengunjungi tempat2 sejarah di arab saudi,- 



Di Arafah tenda Depan


(Suasana di tenda ARAFAH, 
ada yg tidur banyak juga yg Mengaji al-qur'an)

(Yang ini foto SAUDARAKU 
Putra Yai ASyHADI NGLEGO' DEMAK)

(Foto depan ustad MANSUR Alumni PON-PES 
sunan kali jaga jogoloyo Demak
Foto Belakang Saya Abdurrohim)


***
Setelah Selesai khotbah arafah, kita rombongan 02 Demak kloter 15 SOC  yg di pimpin pak karom beliau ustadz rozihan, dan di pimpin ustadz mansur, untuk membaca do'a arafah bersama-sama, stelah selesai, jamaah berdo'a masing2 hingga menjelang magrib, setelah sholat magrib jamaah mulai berkemas-kemas sambil berdo'a hingga isya', stelah isya' Ketua kloter mengumumkan untuk siap2 menuju tanah musdalifah untuk mabit  lewat tengah malam jam 12:00,-
***
3 oktober 2014 (10 Dzul hijjah)
kira2 jam 08:30(malam hari) kami di berangkatkan dari tanah ARAFAH menuju tanah MUSDALIFAH,-
***
3 oktober 2014 (10 Dzul hijjah)
kira2 jam 11;00 jamaah sudah tiba di pemondokan mina jadid, sedangkan mina jadid itu di wilayah tanah muzdalifah 
(insha allah nanti kita akan bahas batas-batas antara tanah MINA JADID dengan tanah MUZDALIFAH,menurut saya pribadi mina jadid yg saya tempati adalah tanah musdalifah, sebab kerajaan arab sendiri belum menghapus tulisan batas tanah musdalifah dan mina, dan itu sangat jellas mina jadid ini adalah tanah musdalifah, ini pas tahun 2014) 
Rombongan masuk ke pemondokan mina jadid untuk memasukkan bekal,tas,dll,- stelah itu jamaah keluar dari tenda untuk melanjutkan mabit di bawah jembatan layang di wilayah tanah musdalifah hingga waktu tengah malam,-(sambil mengumpulkan batu krikil sebanyak yg di perlukan) Dan mabitnya kira2 lewat jam 12;30 / sudah memasuki jam 01:00 Pagi,- 
(Suasana di tenda MINA JADID, 
yg sedang istirahat ini ada juga pak bupati kabupaten DEMAK)
***


(Foto Kuambil Dari Sela-sela jeruji tenda MINA JADID, 
nampak seorang jamaah yg sedang ngumpulin batu krikil)

***
4 Oktober 2014 ( 10 Dul hijjah)
Jam 01:00 Pagi,- kami berjalan sambil mengumandangkan,- ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, (Dan inilah hari raya idul adha) kami berjalan untuk menuju tanah MINA guna untuk membalang jumrah AQOBAH,-  kira-kira perjalanan kami memakan waktu 1 jam 30 menit / 2 jam, kami sudah nyampai di tempat JAMARAT,-  kira-kira jam 03:00 pagi kami Melempar jumrah AQOBAH, 7 kali lemparan batu krikil,- 
Di susul prosesi haji berupa tahalul awal (motong rambut sebagian, gundul juga bagus),-
SETELAH prosesi itu kebanyakan jamaah pulang ke pemondokan MINA JADID,- 
TAPI Saya Dengan istri BERTEKAT untuk TANAZUL dan memilih pulang Ke Hotel mahbasjin,- 
Saya dgn istri Berjalan Dari JAMARAT (tempat pembalangan jumrah) Menuju HOTEL (tempat kloter 15 menginap) perjalanan kurang lebih 1 jam,
 (INGAT.... Cumaaan kalo kita TANAZUL, kita tidak mendapat jatah makan dari pemerintah, sebab jatah makan hanya ada di tenda MINA)
(dari jamarat ke mina kurang lebih 2 jam perjalanan, sedangkan dari jamarat ke HOTEL kurang lebih 1 jam perjalanan, bagi saya mending TANAZUL, dan ada sebagian teman yg Bersama-sama TANAZUL, kurang lebih 10/12 orang,)

***
INI ENAKNYA TANAZUL:
 Setelah nyampai di hotel saya mandi membersihkan badan, sebab kurang lebih 2 hari belum mandi mulai dari tgl 3 oktober,-  stelah mandi dan makan mie instant, saya dan istri saya keluar dari Hotel menuju MASJIDIL HARAM untuk melakukan SHOLAT SUBUH berjamaah,- 
 dan kami BERJALAN Dari hotel ke masjidil haram kurang lebih 1 jam lewat dalam trowongan mahbasjin, 
(Hari-hari biasa perjalan dari hotel ke masjidil haram selalu pake biss dengan gratis, pemerintah arab menghentikan bis gratis 3 hari sebelum musim haji tiba, katanya pemerintah arab saudi, biar jamaah bisa menghemat tenanganya, supaya di musim haji tidak kelelahan, sbb musim haji banyak ibadah yg menggunakan jalan kaki,tenaga, fisik, kata kerajaan arab saudi)
**
Lanjut kisah,..  SETELAH menjalankan sholat subuh berjamaah di masjidil haram, kami berdo'a sambil istirahat sebab sangat lellah karna banyak berjalan, mulai dari musdalifah ke mina (jamarat), Jamarat ke hotel, hotel ke masjidil haram,- belum lagi nanti akan melakukan towaf ifadhoh, dilanjut sa'i, subhanallah tenaga bener2 harus di kuat kuatkan sambil berdo'a semoga kuat kuat kuat dan mendapat ridho allah, amin,
Setelah cukup istirahat, kami melanjutkan prosesi haji yaitu melakukan towaf ifadah, (towaf ifadoh itu sperti towaf sunnah biasanya 7 x putaran di mulai dari hajar aswad berahir di hajar aswad) 
  Kami mulai Towaf dari hajjar aswad,-BISMILLAH ALLAHU AKBAR,-
Kurang lebih baru 4 putaran saya towaf, ada seruan muadzin: ASSOLATU JAMI'AH, seketika orang berhenti towaf langsung mengikuti SHOLAT IDUL ADHA di masjidil haram, setelah sholat idhul adha selesai di lanjutkan khotbah idul adha, dan yg saya masih ingat dari sang khotib: Hadza hajjul akbar, hadza hajjul akbar, hadza hajjul akbar Dan sang khotib bilang supaya seluruh ummat islam untuk menguatkan aqidah, tauhid dan ketaqwaanya kepada allah swt - Subhanallah, walaupun saya kurang memahami bahasa arab keseluruhan, sang khotib nafasnya berdesah dlm khotbah idul adha 2014-
 subhanallah, banyak orang mengeluarkan air mata trmasuk saya,- 
Subhanallah subhanallah subhanallah Allahu akbar walillahilkhamd,- 
Setelah selesai khotbah idul adha, kami lanjutkan towaf hingga di lanjut sa'i dan tahalul tsani,-  
Setelah prosesi selesai semuanya, saya dgn istri beserta teman teman pulang ke hotel untuk melepas BAJU IHRAM Dan istirahat, 
al-hamdulillah proses haji saya sudah selesai, (Dan larangan-larangan haji sudah tidak berlaku termasuk melakukan hubungan suami istri, kata teman saya orang desa turirejo demak namanya ustadz hartoyo, katanya sudah bisa melakukan kikuk-kikuk,- )
**Akan Tetapi Saya masih menanggung mabit di mina dan Lempar jumrah ula, ustho, aqobah, untuk tgl 11,12, dan 13 untuk yg ambil nafar syani,-
***
itulah enaknya TANAZUL bisa mengikuti jamaah SHOLAT IDUL ADHA di masjidil haram,-

***
**MABIT untuk tgl 11 dzul hijjah**
Tgl 4 oktober 2014 (10 dzul hijjah)
Jam 03;00 Sore Hari: kami keluar dari Hotel menuju MINA MABIT untuk tgl 11 dzul hijjah,  
*Perjalanan kami santai nyambil Lihat-lihat,  nyampe jamarat Sebelum magrib, dan kami berjalan dari jamarat ke pemondokan MINA untuk bertemu teman2 yg tidak ikut TANAZUL, Dalam perjalanan saya itu sudah MABIT  untuk tgl 11 dzul hijjah,- Dan al-hamdulillah kami bisa ketemu teman-teman satu kloter di tenda mina,- Dan saya pun bermalam di tenda MINA, bersama-sama satu kloter, 
***
tgl 5 oktober 2014 (11 dzul hijjah)
kurang lebih jam 10 Pagi,- setelah menikmati hidangan yg di sediakan pemerintah, 
Saya Ngajak istri Minta Izin Ke ketua Regu, untuk mbalang jumrah ula,wustha,aqobah, sekalian membawa tas (barang bawaan) dan tidak kembali ke tenda mina lagi, langsung ke HOTEL,-  Al-Hamdulillah ketua regu mengizinkan saya, 
(jam 10, tgl 11 dzul hijjah) saya bersama istri , berangkat lempar jumrah ke jamarat dan perjalan kami tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit / 2 jam nyampe JAMARAT, stelah selesai lempar jumrah, ULA, WUSTHO, AQOBAH, saya pulnag ke hotel untuk mengembalikan barang bawaan saya termasuk tas yg saya gendong,- Dan Istirahat di HOTEL,-
***
Pesan saya: Jika anda YAKIN lakukan. kalo tidak jangan lakukan, ikutilah rombongan/kloter anda,-
insha allah ini so'al PRINSIP jadi aku yakin untuk melakuakan itu, 

al-hamdulillah kami di beri kesehatan dan keselamatan. AMIN.
**Tolong Kalo Pembaca mengikuti sperti yg saya lakukan jangan lupa IDENTITAS HARUS DI BAWA, jangan sampai hilang,-

***
MABIT untuk tgl 12 dzul hijjah**


(perjalanan MABIT menuju JAMARAT tgl 12 Dzul hijjah)


(Malam tgl 12 Zhul Hijjah Di JAMARAT)

tgl 5 oktober 2014 (11 Dzul hijjah)
jam 3:30 Sore Hari setelah sholat Ashar, saya dgn istri keluar dari hotel jalan menuju JAMARAT (MINA) untuk mabit tgl 12 dzul hijjah,- al- hamdulillah sebelum magrib sudah nyampe MINA, dan kami sholat magrib, singkat cerita langsung di lanjut sholat isya' Dan saya dgn istri MABIT di lokasi JAMARAT hingga  terbit FAJAR, dan saya jamah sholat subuh dgn istri di lantai dua gedung jamarat,- stelah agak siang kami melempar jumrah ULA, WUSTHO, AQOBAH untuk tanggal 12 DZUL HIJJAH,-
Karna kami kebanyakan ikut nafar AWAL, al-hamdulillah prosesi haji kami telah selesai,-
**(Harapan saya buat pembaca jika nanti pembaca mendapat panggilan HAJI tolong usahakan ikut NAFAR TSANI) Dan prsesi nafar sani sama persis yg saya terangkan di atas yg **MABIT untuk Tgl 12 Dzul hijjah cuma di ganti tgl 13 Dzul hijjah,--
***
setelah Selesai semuanya, Kami pulang lagi ke hotel, dan AL_ HAMDULILLAH prosesi haji semuanya sudah selesai, tinggal menunggu towaf wada' untuk perpisahan pulang ke negara INDONESIA,- 
**
Harapan saya: Semoga pembaca bisa menjalankan ibadah umrah-haji nantinya,- AMIN.



Poskan Komentar:
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar